Efek RGO303 dari Pemakaian Handphone di Kalangan Remaja di Era Globalisasi

Pada era globalisasi dan modernisasi, teknologi rgo303 semakin berkembang dan juga semakin canggih. Aktivitas komunikasi yang dulunya memerlukan peralatan yang rumit dan waktu yang lama, kini telah digantikan oleh piranti mesin Automatic. Kemajuan teknologi info dan komunikasi memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan. Salah satunya merupakan handphone. Handphone ialah fasilitas komunikasi yang sudah banyak diperlukan oleh penduduk tetutama kaum remaja.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi mengambil resiko positif dan efek negatif bagi penggunanya. Handphone dapat berguna dikalangan pelajar bila dipakai buat keperluan Mencari ilmu. Hanphone yang dapat mengakses dengan internet dapat menopang siswa menemukan info yang dapat menolong pengetahuanya di sekolah. Namaun, pada kenyataanya sangat sedikit para pelajar yang memakai posisi ini.

Era sekarang nyaris seluruh remaja atau pelajar memiliki handphone pintar atau handphone Mobile phone( karena pada saat ini handphone yakni barang yang wajib dipunyai oleh para remaja utk mencari info lewat internet, berkomunikasi dengan teman, maupun eksis di sarana sosial. Dizaman sekarang apabila satu orang remaja tidak memiliki handphone ia dapat dianggap ketinggalan era oleh teman-temanya maka nyaris seluruh remaja memiliki handphone. remaja yang kecanduan handphone pada kebanyakan memakai handphone yang tersambung dengan internet.

Remaja yang kecanduan handphone tidak bisa mengontrol beliau dengan baik, maka mengganggu aktivitasnya terutama mempelajari di hunian atau di sekolah. Fokus siswa jadi turun akibat pemakaian handphone yang tidak bijak, memiliki masalah yang besar dalam mengelola diri yang baik. Apabila dilakukan terus menerus tanpa ada kesadaran utk berubah,maka jadi adat ( tingkah laku yang tidak baik ).

Handphone diciptakan oleh martin copper seseorang karyawan Motorola pada tanggal 3 april 1973 yang pada awalnya diciptakan buat menopang komunikasi dengan orang lain. Tapi, pada saat ini handphone tidak buat itu saja tapi juga utk mencari Info, mendengarkan musik, melihat film, eksis di fasilitas sosial dan masih banyak lainya. Saking jumlahnya kegunaan handphone banyak kaum remaja yang kecanduan handphone maka berpengaruh pada kehidupannya. Kecanduan tersebut membuat para remaja jadi sulit utk dikendalikan dan menurunkan jiwa sosial mereka dan lebih pilih main-main handphone.

Misalnya saya sendiri,jujur saya juga termasuk juga orang yang kecanduan handphone, sebab saya diawal mulanya merupakan seseorang santri salaf yang tiap-tiap harinya tidak sempat memegang handphone hanya satu bln sekali ,itu saja handphone jadul (nokia) dan dikasih waktu memegang/menelpon hanya 15 menit saja bila bisa dihubungi bila tidak menunggu bln depan.

Tapi saat ini Saat saya jadi mahasiswa dan tinggal dipondok yang isi seluruh merupakan mahasiswa serta diperbolehkan utk mengambil handphone saya mulai seperti kehilangan diri saya yang Lalu, tiap-tiap harinya saya tidak bisa lepas dari handphone, perubahan itu sangat terasa, Kala saya mengingat pelajaran yang sempat saya pelajari tidak bisa saya ulang atau saya jawab.

Senantiasa merasa bingung, tidur tidak nyenyak, cepat merasa pusing, dan kurangnya hubungan sosial dengan cara langsung saya lebih pilih main-main handphone menonton aplikasi-aplikasi yang menghibur seperti tik-tok, Instagram, whatshap, telegram dan game online. Enggan ke luar kamar dan Disaat libur saya tidak sempat ke luar kamar kecuali buat berwudhu dan mandi saja.Contoh yang ke-2 ini cukup banyak di pondok saya banyak para santriwati yang mengambil handphonenya ke kamar mandi, entah buat mendengarkan musik atau yang lainya. Hingga memunculkan pertanyaan-pertanyaan aneh dan heran seandainya melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *